ANALISIS MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PANCA INDRA KELAS IV SD”
Keywords:
Mata Pelajaran Sains, Siswa Sekolah Dasar, Minat Belajar Siswa, Panca IndraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa kelas IV SDN 067098 Medan terhadap pembelajaran IPA pada materi panca indera. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi Panca Indra dengan rata-rata indikator minat belajar yang menjawan Ya adalah 50,5 % dengan kategori “lebih dari setengahnya”. Sementara 49,5% siswa menjawab tidak dengan kategori “kurang dari setengah” siswa merasa kurang minat dalam mempelajari pembelajaran IPA materi Panca Indra, dengan faktor- faktor penghambat utama meliputi metode pengajaran yang monoton dan media pembelajaran yang kurang menarik. Selain itu, siswa juga merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa untuk meningkatkan minat belajar, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, seperti penggunaan alat peraga dan metode pembelajaran yang bervariasi.