ANALISIS MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PANCA INDRA KELAS IV SD”

Authors

  • Suyit Ratno Universitas Negeri Medan Author
  • Fenny Rizky Amelia Universitas Negeri Medan Author
  • Stela Lianti Bangun Universitas Negeri Medan Author
  • Dwisandha Sidauruk Universitas Negeri Medan Author
  • Sri Charina Sebayang Universitas Negeri Medan Author
  • Lulu Dwi Andani Universitas Negeri Medan Author
  • Immanuel Siregar Universitas Negeri Medan Author
  • Eounike Trifena Br Ginting Author

Keywords:

Mata Pelajaran Sains, Siswa Sekolah Dasar, Minat Belajar Siswa, Panca Indra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa kelas IV SDN 067098 Medan terhadap pembelajaran IPA pada materi panca indera. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi Panca Indra dengan rata-rata indikator minat belajar yang menjawan Ya adalah 50,5 % dengan kategori “lebih dari setengahnya”. Sementara 49,5% siswa menjawab tidak dengan kategori “kurang dari setengah” siswa merasa kurang minat dalam mempelajari pembelajaran IPA materi Panca Indra, dengan faktor- faktor penghambat utama meliputi metode pengajaran yang monoton dan media pembelajaran yang kurang menarik. Selain itu, siswa juga merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa untuk meningkatkan minat belajar, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, seperti penggunaan alat peraga dan metode pembelajaran yang bervariasi.

Downloads

Published

2024-10-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PANCA INDRA KELAS IV SD”. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/2