Hubungan Tingkat Kehadiran Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini menganalisis hubungan antara tingkat kehadiran siswa dan hasil belajar
matematika pada siswa kelas VI SD. Dengan menggunakan metode deskriptif korelasional,
tingkat kehadiran sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar matematika sebagai variabel
terikat (Y) diteliti pada 27 siswa. Data dikumpulkan melalui catatan absensi dan nilai
sumatif. Hasil analisis menunjukkan variasi tingkat kehadiran yang signifikan, sementara
hasil belajar matematika relatif konsisten dan tinggi. Analisis korelasi Pearson menghasilkan
koefisien korelasi yang menunjukkan hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kedua
variabel. Temuan ini mengindikasikan bahwa kehadiran yang tinggi berkontribusi pada
pencapaian nilai matematika yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi
bagi sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa


