Hubungan Tingkat Kehadiran Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Bernike Sinaga1 , Diana Agatha Nainggolan2 , Dina Putrision Sihombing3 , Syahrial, M.Pd4 Universitas Negeri Medan Author

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan antara tingkat kehadiran siswa dan hasil belajar

matematika pada siswa kelas VI SD. Dengan menggunakan metode deskriptif korelasional,

tingkat kehadiran sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar matematika sebagai variabel

terikat (Y) diteliti pada 27 siswa. Data dikumpulkan melalui catatan absensi dan nilai

sumatif. Hasil analisis menunjukkan variasi tingkat kehadiran yang signifikan, sementara

hasil belajar matematika relatif konsisten dan tinggi. Analisis korelasi Pearson menghasilkan

koefisien korelasi yang menunjukkan hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kedua

variabel. Temuan ini mengindikasikan bahwa kehadiran yang tinggi berkontribusi pada

pencapaian nilai matematika yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi

bagi sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa

Downloads

Published

2025-10-26

How to Cite

Hubungan Tingkat Kehadiran Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI Sekolah Dasar. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/193