Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Akuntansi

Authors

  • Olive Sibarani1, Vina Julianti2, Sulastri Samosir3, Egidius Ginting4, Rini Herliani5 Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Media Pembelajaran, TIK, Akuntansi, Kriteria Pemilihan

Abstract

Penelitian ini mengkaji kriteria pemilihan bahan ajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran akuntansi. Di era digital ini, pemilihan bahan ajar yang tepat sangat penting untuk meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar, serta pemahaman konsep akuntansi oleh siswa.Melalui kajian pustaka, penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kriteria pemilihan materi ajar, antara lain kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, daya dukung materi, kemudahan penyampaian, keterampilan guru dan penyesuaian dengan tingkat kognitif siswa.Temuan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis TIK memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan akuntansi siswa. Namun, peran guru tetap penting dalam memilih dan menerapkan media yang tepat. Penelitian ini juga membahas tantangan dan peluang yang terkait dengan penggunaan media berbasis TIK, termasuk integrasi teknologi baru seperti kecerdasan buatan, serta pentingnya melestarikan aspek-aspek tertentu dari pendidikan karakter. Kesimpulannya, pemilihan bahan ajar berbasis TIK dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan efektif, mendukung pengembangan keterampilan akuntansi siswa, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan profesional di era digital.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Akuntansi. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/7