Persepsi Siswa Terhadap Problematika Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Tunas Bangsa Tembung
Keywords:
Pembelajaran IPS, evaluasi pendidikan, tantangan pendidikan, kualitas pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap problematika yang mereka hadapi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Tunas Bangsa Tembung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap 20 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak dan konsep-konsep yang memerlukan keterkaitan antara berbagai disiplin ilmu sosial. Selain itu, faktor kurangnya media pembelajaran yang menarik dan metode pengajaran yang monoton juga menjadi kendala dalam meningkatkan pemahaman mereka. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pembelajaran IPS dapat dikemas dengan cara yang lebih menarik, menggunakan berbagai media pembelajaran, dan pendekatan yang lebih interaktif untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa.