ANALISIS TIPE GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105275 PAYA GELI

Authors

  • Suyit Ratno1, Fenny Rizky Amelia2, Ananda Tampubolon3, Anggia Aldwi Adisti4, Halimatus Azizah Hutasuhut5, Khairunnisa Al Izzati6, Nanda Amalia Batubara7, Putri Nabila Azzahra Hasibuan8, Venni Maulani Sitanggang9 Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

gaya belajar, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe gaya belajar siswa kelas V SDN 105275 Paya Geli terkait pembelajaran IPA di kelas dan untuk mengetahui pemahaman siswa terkait materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Subjek uji coba meliputi 23 siswa kelas V SDN 105275 Paya Geli. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena bertujuan untuk memahami fenomena atau pengalaman subjek penelitian secara mendalam. Selain itu, pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket yang diberikan kepada siswa dan wawancara terhadap guru kelas V. Penilitian ini menggunakan jenis penilitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verification (kesimpulan). Berdasarkan Hasil dari penelitian yang dilakukan di SDN 105275 Paya Geli menunjukkan bahwa siswa kelas V cenderung memiliki gaya belajar kinestetik, hal tersebut dilihat dari data  hasil  angket  yang  dibagikan kepada siswa dan wawancara terhadap guru kelas V lebih menyukai pembelajaran berbasis proyek.

Downloads

Published

2024-10-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS TIPE GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105275 PAYA GELI. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/4