Efektifitas LKPD Matematika Berbasis Pendekatan Realistik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD

Authors

  • Elvi Mailani1, Nur Rarastika2, Fuji Chintya3, Dearni Inmaida Br Sinaga4, Indah Christine5, Nasyitha Andani Putri6, Rani Tasya Br Ginting7 Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Realistik, dan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini mengkaji Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika yang berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di Sekolah Dasar (SD). Pendekatan realistik menekankan pentingnya mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks nyata dan pengalaman sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta memperkuat pemahaman konseptual mereka. Selain itu, integrasi aspek budaya dan lingkungan sosial siswa dalam LKPD juga terbukti memperkaya pengalaman belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, yang menganalisis berbagai literatur terkait pengembangan LKPD dan pendekatan realistik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dirancang dengan baik dapat membantu siswa tidak hanya dalam menghafal rumus, tetapi juga dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata, yang pada gilirannya meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Dengan demikian, pengembangan LKPD berbasis pendekatan realistik diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa di SD.

 

Downloads

Published

2024-12-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

Efektifitas LKPD Matematika Berbasis Pendekatan Realistik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/39