Strategi Guru dalam Membangun Karakter Nasionalisme pada Generasi Milenial di Era Digital

Authors

  • Riefatul Mahfuza Sandy Author

Keywords:

Guru, karakter nasionalisme, generasi milenial, era digital.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tantangan guru dalam membangun karakter nasionalisme generasi milenial di era digital dan strategi yang dihadapi guru dalam membangun karakter nasionalisme peserta didik pada pendidikan formal di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan guru di Indonesia dalam membangun karakter nasionalisme generasi milenial yaitu belum menguasai kompetensi sebagai pendidik (pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian) dengan maksimal dan belum mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang bervariasi serta belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Strategi guru dalam membangun karakter nasionalisme milenial di era digital dengan cara guru harus mampu menguasai kompetensi sebagai seorang pendidik, mempersiapkan perangkat pembelajaran yang efektif, dan dapat mengimplementasikan metode pembelajaran yang bervariasi dan dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Perkembangan teknologi menjadi tantangan guru dalam membangun karakter nasionalisme, sehingga guru harus mampu berdaptasi dengan perkembangan zaman dan selalu meningkatkan kompetensinya.

Downloads

Published

2024-11-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Guru dalam Membangun Karakter Nasionalisme pada Generasi Milenial di Era Digital. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/28