Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD Negeri 040447. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif pada 30 siswa sebagai sampel. Instrumen berupa tes diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penerapan media pembelajaran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai pretest 59,5, dengan sebagian besar siswa berada pada kategori rendah hingga sedang. Setelah penerapan media pembelajaran, rata-rata posttest meningkat menjadi 84,3, dengan mayoritas siswa pada kategori tinggi dan melampaui kriteria ketuntasan minimal. Distribusi nilai menunjukkan peningkatan signifikan, di mana frekuensi nilai tinggi meningkat, sementara nilai rendah menurun drastis. Temuan ini menegaskan bahwa media pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa, sehingga dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang mendukung peningkatan kualitas belajar di sekolah dasar.


