EVALUASI PENILAIAN PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP BP DARUSSHOLAH SANGATTA SELATAN

Authors

  • Eka Widyanti1 Aprianti Astuti2 Muhammad Nabil Priyambada3 Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI sangatta, Kalimantan Timur Indonesia Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMP BP Darussholah Sangatta Selatan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru PAI, Bapak Arman dan Ibu Jusrini, ditemukan bahwa evaluasi dilakukan secara autentik dan menyeluruh, mencakup aspek kognitif (aqliyah), afektif (qolbiyah), dan psikomotorik (amāliyah). Penilaian tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan beragam, seperti tes tulis, observasi, penugasan, portofolio, dan praktik ibadah, termasuk shalat dhuha dan dzuhur. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu dan sumber daya, serta penyesuaian instrumen penilaian dengan kebutuhan lapangan. Upaya peningkatan mutu dilakukan melalui refleksi, pelatihan guru, dan keterlibatan orang tua. Artikel ini menyajikan gambaran menyeluruh tentang evaluasi PAI dalam masa transisi menuju Kurikulum Merdeka.

 

 

 

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

EVALUASI PENILAIAN PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP BP DARUSSHOLAH SANGATTA SELATAN. (2025). JURNAL Pendidikan MOTIVASI Dan Bahasa Harapan , 3(04). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/161