Analisis Profesionalisme Guru di Yayasan Perguruan Islam Cendekia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat profesionalisme guru di Yayasan Perguruan Islam Cendekia. Profesionalisme guru merupakan aspek penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan salah satu guru di sekolah tersebut untuk memperoleh gambaran praktik profesional dalam mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memulai pembelajaran dengan pendekatan emosional, menggunakan metode tanya jawab dan diskusi kelompok, serta melakukan pendekatan personal terhadap siswa yang mengalami kesulitan. Meskipun penggunaan media teknologi terbatas, guru tetap menyesuaikan metode pembelajaran dengan kemampuan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru di Yayasan Perguruan Islam Cendekia telah mencerminkan nilai-nilai profesionalisme dalam mengajar, meskipun masih terdapat ruang untuk peningkatan, khususnya dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran.
Kata kunci: profesionalisme guru, mutu pendidikan, metode pembelajaran, pendekatan emosional, diskusi kelompok
.