Analisis Kegiatan Siswa Dikelas Dalam Ruang Lingkup Manajemen Kurikulum di SMK N 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis kegiatan siswa di kelas dalam ruang lingkup manajemen kurikulum di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Memberikan implementasi kurikulum dalam mendukung aktivitas belajar siswa, dan Mengkaji hubungan antara manajemen kurikulum dengan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan siswa kelas XI dari Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) .Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen kurikulum sangat signifikan terhadap variasi dan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas, Siswa menunjukkan keterlibatan tinggi ketika aktivitas kurikulum terstruktur dengan baik dan relevan dengan kebutuhan vokasional mereka, dan Manajemen kurikulum yang efektif menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan berorientasi pada keterampilan.