Analisis Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan menuntut adanya inovasi dalam metode pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Salah satu pendekatan yang dapat diimplementasikan adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Deep Learning yang bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, fokus, dan menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Deep Learning dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dan teknik triangulasi, dengan mengumpulkan serta menganalisis penelitian terdahulu 5 tahun terakhir yaitu 2017 hingga 2025 yang relevan dengan topik ini. Pendekatan Deep Learning dalam pembelajaran matematika terdiri dari tiga pilar utama: (1) pemahaman tentang diferensiasi belajar siswa, (2) penguatan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan (3) pembelajaran yang menyenangkan.Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan Deep Learning dalam pembelajaran matematika tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep secara lebih mendalam, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap motivasi dan sikap belajar siswa. Dengan mengakomodasi kebutuhan belajar yang berbeda-beda, serta mendorong pemikiran kritis dalam pemecahan masalah, pendekatan ini berpotensi menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di era modern.