Analisis Kritis Kesalahan Pengutipan Langsung “APA” Dalam Proposal Student Grant Mahasiswa: Identifikasi Masalah Dan Strategi Perbaikan

Authors

  • May Devi Triana1, Sriwi Anceli Naibaho2, Sepania Handayani Sihite3, Claudia Lisya Lawolo4 Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

kutipan langsung, format APA, Student Grant, kesalahan pengutipan, penulisan akademik

Abstract

Penelitian ini menganalisis kesalahan pengutipan langsung dalam format APA pada proposal Student Grant mahasiswa. Meskipun 80% mahasiswa memahami aturan dasar APA, kesalahan teknis seperti kesalahan format kutipan, kelalaian informasi bibliografis, dan ketidakkonsistenan dalam penerapan masih sering terjadi. Faktor penyebabnya meliputi pemahaman yang kurang mendalam, terbatasnya akses referensi, dan minimnya praktik langsung. Metode penelitian kualitatif deskriptif-analitis digunakan dengan menganalisis dokumen proposal, kuesioner, dan latihan praktik dari 10 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan perlunya strategi perbaikan, seperti penyediaan panduan komprehensif, pelatihan berkala, pemanfaatan teknologi, dan peningkatan akses referensi. Rekomendasi ini bertujuan meningkatkan kualitas pengutipan akademik dan mengurangi kesalahan dalam penulisan proposal penelitian mahasiswa.

Downloads

Published

2025-04-12

How to Cite

Analisis Kritis Kesalahan Pengutipan Langsung “APA” Dalam Proposal Student Grant Mahasiswa: Identifikasi Masalah Dan Strategi Perbaikan. (2025). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 3(01). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/105