Analisis Unsur Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah dari Silabus IPS Kelas VIII Semester I Pada Sekolah SMPN 5 Binjai
Keywords:
Pembelajaran IPS, geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, silabusAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi elemen yang terdapat dalam silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 5 Binjai di kelas VIII semester I, yaitu geografi, ekonomi, sosiologi, dan sejarah. Kajian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana masing-masing komponen diintegrasikan dalam pembelajaran dan bagaimana hal itu mempengaruhi pemahaman siswa tentang kondisi sosial dan lingkungan sekitar. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap komponen silabus terkait erat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Komponen geografi membantu memahami kondisi wilayah, komponen ekonomi menjelaskan kegiatan perekonomian dan perdagangan, komponen sosiologi membahas struktur sosial dan budaya, dan komponen sejarah membantu memahami perubahan sosial dari waktu ke waktu. Diharapkan materi pembelajaran IPS akan lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan siswa untuk memahami lingkungan sosial mereka berkat penelitian ini.