STRATEGI GURU BAHASA INDONESIA MENANAMKAN NILAI-NILAI KRISTIANI DALAM PEMBALAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP SWASTA KALAM KUDUS 2 MEDAN
Keywords:
Guru bahasa Indonesia, nilai-nilai kristiani, peserta didik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bahasa Indonesia dalam menanamkan nimai-nilai kristiani pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Swasta Kalam Kudus 2 Medan. Pengertian dari nilai-nilai kristiani merupakan nilai dari ajaran Tuhan Yesus melalui pengajaran maupun praktik hidup Yesus. Yesus tidak hanya mengajarkan nilai-nilai itu tetapi menghidupkan nilai-nilai krstiani. Nilai kristiani terdapat dalam Alkitab yang menjadi dasar dan landasan falsafah Pendidikan Agama Kristen (Simanjuntak, J. 2021). Dalam penelitian ini, motode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan menggambarkan peristiwa yang terjadi pada saat melakukan observasi atau pengamatan terhadap guru, melakukan wawancara dan dokumentasi kepada guru yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru bahasa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Kristiani antara lain dengan memberi contoh perilaku yang baik sesuai ajaran agama, memberikan penjelasan tentang nilai-nilai Kristiani yang terkandung dalam materi pembelajaran dan memberikan tugas yang berkaitan dengan pencerminan nilai-nilai Kristiani. Adapun nilai-nilai Kristiani meliputi kasih sayang, kepercayaan, kesabaran, Kerjasama, kejujuran, dan lain sebagainnya. Dapat disimpulkan bahwa strategi guru bahasa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Kristiani melalui pembelajaran bahasa Indonesia efektif dalam membentuk karakter siswa.