EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA: STUDI IMPLEMENTASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI
Keywords:
pembelajaran terpadu, IPS, berpikir kritis, kolaborasi, strategi pendidikanAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas strategi pembelajaran IPS terpadu dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengamati implementasi strategi terpadu di kelas, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang diusulkan. Analisis tematik menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu mendorong pemahaman holistik dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu, meningkatkan kemampuan analitis, serta memperbaiki keterampilan kerja sama siswa. Namun, implementasi menghadapi kendala seperti pelatihan guru yang kurang, keterbatasan sumber daya pendidikan, dan kesulitan dalam penyelarasan kurikulum. Rekomendasi penelitian mencakup pelatihan guru berbasis praktik, peningkatan akses sumber daya, dan adaptasi kurikulum untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran terpadu.