Implementasi Penilaian Berbasis HOTS dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Tantangan Dan Solusi

Authors

  • Realita Baijura Purba, Leony Cecilia Manurung, Celine Soraya Laura Manurung, Shella Husna Maharani, Elvi Mailani, Nur Rarastika Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

HOTS, pendidikan dasar, penilaian, inovasi, keterampilan berpikir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada tingkat dasar pendidikan , dengan penekanan pada efektivitas penerapan , fleksibilitas , dan strategi yang dapat dicapai . efektivitas implementasi , fleksibilitas, dan strategi yang dapat dicapai , penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) pada jenjang pendidikan dasar . Tujuan penilaian berbasis HOTS adalah untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis , analitis , dan kreatif mereka . Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi HOTS memerlukan pemahaman dari instruktur , infrastruktur , dan siswa yang berkualifikasi tinggi . Penelitian yang disajikan di sini menawarkan rekomendasi strategis untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan efektivitas implementasi HOTS pada jenjang tertinggi di sekolah .Metodologi penelitian ini bersifat kualitatif dan mencakup wawancara mendalam dengan guru, administrator sekolah , dan analisis dokumen relevan . untuk mengajar siswa bagaimana menjadi pemikir kritis , analitis, dan kreatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan HOTS memerlukan pemahaman dari instruktur , sarana prasarana , dan siswa yang mampu bekerja sama . Studi ini menawarkan rekomendasi strategis untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan efektivitas penerapan HOTS pada tingkat tertinggi di sekolah dasar .

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Penilaian Berbasis HOTS dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Tantangan Dan Solusi. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/61