Peran Layanan Pelanggan Melalui Consumer Relationship Management Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Muhd.Aidil Fitri1, Ramanda Putri2, Samiah Br Harahap3, Intan Fahziah4, Nurbaiti5 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

Keywords:

CRM, Loyalitas Pelanggan, Pelayanan Pelanggan, E-Bussiness

Abstract

Dengan meningkatkan persaingan globalisasi, para pebisnis dituntut untuk dapatbersaing secara nasional ataupun internasional, guna untuk meningktakan kualitas pelayan yang agar menjaga loyalitas pelanggan pelanggan akibat maraknya persaingan saat ini. Hal ini juga dapat terjadi pada rumah produksi Pempek Bege bagaimana CRM (Consumer Relationship) dapat meningkatkan loyalitas pelanggan?, apakah CRM memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan probabilitas pada pempek bege?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah CRM tersebut dapat meningkatkan bisnis dan bagaimana CRM menjadi hal yang penting bagi rumah produksi Pempek Bege. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitati, penulis melakukan wawancara mendalam mengenai peran costumer service melalui costomer relationship management. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan kepada pemilik usaha rumah produksi Pempek Bege. Serta menggunakan data berdasarkan tinjuan pustaka, atau penelitian terdahulu untuk memperkuat argumen. Hasil yang diteliti menunjukkan bahwa CRM memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan probabilitas, Manfaat dari CRM yang positif membuat masyarakat lebih menghargai, menghormati, mempercayai dan menerima dengan baik produk atau jasa yang ada di perusahaan. CRM perusahaan harus dijaga agar tetap positif karena akan memberikan dampak yang positif pula bagi perusahaan. 

 

Downloads

Additional Files

Published

2024-12-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Layanan Pelanggan Melalui Consumer Relationship Management Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/54