METODE ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA DI SD
Keywords:
Belajar, Hak dan Kewajiban, Role Playing, PKN, Siswa SDAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan materi hak dan kewajiban bagi siswa SD sebagai generasi bangsa yang baik, sehingga diperlukan pembelajaran dengan cara dan metode yang efektif dan menarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan yaitu melalui literature review dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dianggap membosankan bagi sebagian siswa di SD. Walaupun begitu sebagian dari mereka juga mengetahui hak dan kewajiban dari pembelajaran PKn, tetapi belum menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran role playing (bermain peran) sehingga siswa SD bersemangat untuk mempelajari hak dan kewajiban dalam mata pelajaran PKn. Selain itu, hak dan kewajiban akan dapat diterapkan oleh generasi bangsa nantinya yang sesuai dengan tujuan Negara Indonesia yaitu untuk menumbuhkan generasi muda yang berkehidupan demokratis dalam berbangsa dan bernegara.