PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nadia Septika Author

Keywords:

Karakter, gotong royong, sekolah dasar

Abstract

Salah satu aspek krusial dalam pendidikan nilai adalah pembentukan karakter. Pendidikan karakter di sekolah tidak hanya berfokus pada pengajaran tentang apa yang benar dan salah, tetapi juga bertujuan untuk membangun kebiasaan positif pada anak, sehingga mereka dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang menjadi bagian dari kepribadian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode-metode yang efektif dalam meningkatkan karakter gotong royong di lingkungan sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur untuk menganalisis dan memahami cara-cara yang efektif dalam meningkatkan karakter gotong royong di sekolah dasar. Hasil dari berbagai sumber menunjukkan bahwa penerapan kegiatan gotong royong secara konsisten di sekolah dasar memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan karakter gotong royong pada siswa. Oleh karena itu, sikap gotong royong perlu diajarkan sejak usia dini melalui metode pembiasaan di sekolah, keluarga, dan masyarakat, dengan melibatkan seluruh ekosistem pendidikan agar nilai-nilai ini dapat tertanam dengan baik dalam diri siswa.

Downloads

Published

2024-11-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI SEKOLAH DASAR. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/34