ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Melani Nur Ariska Author

Keywords:

Sains Teknologi Masyarakat (STM), Hasil Belajar Siswa, Sains

Abstract

Pendidikan sains di Indonesia memiliki peran vital dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global dan kemajuan teknologi yang pesat. Di era globalisasi ini, di mana informasi dan teknologi terus berkembang, siswa dituntut untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep sains dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar siswa. Melalui metode literature review, penelitian ini menemukan bahwa penerapan model STM memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, seperti pencemaran lingkungan, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan praktis serta sikap positif terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Dengan mengaitkan pembelajaran dengan konteks nyata, model STM mendorong siswa untuk berpikir kritis, bertindak ilmiah, dan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Secara keseluruhan, model pembelajaran STM terbukti efektif dalam membekali siswa dengan kompetensi yang relevan untuk menghadapi tantangan dunia nyata serta meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya sains dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2024-11-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (2024). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/30