PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 55 BONTOWA

Authors

  • Nurul Fadilah,Nurlina,Amri Ama Universitas Muhammadiyah Makassar. Author

Keywords:

strategi pembelajaran; Joyful Learning;Hasil belajar,IPA

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui proses dari penerapan strategi pembelajaran Joyful Learning terhadap

hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sistem pencernaan pada manusia kelas V SDN 55 Bontowa. Metode

yang digunakan metode eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian adalah

siswa kelas V SDN 55 Bontowa sebanyak 28orang. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah

observasi,tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa proses pembelajaran

dengan menggunakan strategi Pembelajaran Joyful Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa, hal ini

bisa didlihat dari peningkatan nilai yang terjadi berdasarkan nilai hasil pretest dan posttest siswa. kelas

eksperimen yang telah diteliti dimana rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest. Rata –rata posttest 86,5 sedangkan

rata-rata pretest 55,83. Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Joyful Learning sangat

berperan terhadap hasil belajar IPA siswa.

Downloads

Published

2025-02-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 55 BONTOWA. (2025). JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN BAHASA , 2(2). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/27