PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 55 BONTOWA
Keywords:
strategi pembelajaran; Joyful Learning;Hasil belajar,IPAAbstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui proses dari penerapan strategi pembelajaran Joyful Learning terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sistem pencernaan pada manusia kelas V SDN 55 Bontowa. Metode
yang digunakan metode eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian adalah
siswa kelas V SDN 55 Bontowa sebanyak 28orang. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah
observasi,tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa proses pembelajaran
dengan menggunakan strategi Pembelajaran Joyful Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa, hal ini
bisa didlihat dari peningkatan nilai yang terjadi berdasarkan nilai hasil pretest dan posttest siswa. kelas
eksperimen yang telah diteliti dimana rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest. Rata –rata posttest 86,5 sedangkan
rata-rata pretest 55,83. Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Joyful Learning sangat
berperan terhadap hasil belajar IPA siswa.