PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK ST. NAHANSON PARAPAT SIPOHOLON TAHUN AJARAN 2025/2026
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap
kinerja guru di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon Tahun Ajaran 2025/2026. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji persyaratan analisis, terdapat hubungan positif
antara kedua variabel dengan nilai . Dengan nilai , maka , sehingga dapat dinyatakan bahwa
terdapat hubungan positif antara variabel X (supervisi kepala sekolah) dan variabel Y (kinerja
guru) di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon Tahun Ajaran 2025/2026.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi sekaligus sampel
sebanyak 30 orang guru di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon. Data dikumpulkan dengan
kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, terdiri dari 25 butir untuk
variabel X dan 20 butir untuk variabel Y. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh
persamaan , yang menunjukkan bahwa pada konstanta 46,99, setiap peningkatan pelaksanaan
supervisi kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,23.
Dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai , sehingga persentase pengaruh supervisi kepala
sekolah terhadap kinerja guru di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon Tahun Ajaran
2025/2026 adalah . Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga
ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK St. Nahanson Parapat
Sipoholon Tahun Ajaran 2025/2026.


