PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK ST. NAHANSON PARAPAT SIPOHOLON TAHUN AJARAN 2025/2026

Authors

  • Apriando Lumbantobing Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap

kinerja guru di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon Tahun Ajaran 2025/2026. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji persyaratan analisis, terdapat hubungan positif

antara kedua variabel dengan nilai . Dengan nilai , maka , sehingga dapat dinyatakan bahwa

terdapat hubungan positif antara variabel X (supervisi kepala sekolah) dan variabel Y (kinerja

guru) di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon Tahun Ajaran 2025/2026.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi sekaligus sampel

sebanyak 30 orang guru di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon. Data dikumpulkan dengan

kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, terdiri dari 25 butir untuk

variabel X dan 20 butir untuk variabel Y. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh

persamaan , yang menunjukkan bahwa pada konstanta 46,99, setiap peningkatan pelaksanaan

supervisi kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,23.

Dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai , sehingga persentase pengaruh supervisi kepala

sekolah terhadap kinerja guru di SMK St. Nahanson Parapat Sipoholon Tahun Ajaran

2025/2026 adalah . Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga

ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan

signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK St. Nahanson Parapat

Sipoholon Tahun Ajaran 2025/2026.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK ST. NAHANSON PARAPAT SIPOHOLON TAHUN AJARAN 2025/2026. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/209