KEGIATAN MENANAM SAWI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL MUSLIMIN SEBAGAI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DI SATUAN PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis STEAM di pendidikan anak usia dini melalui proyek menanam sayur pada anak usia 5–6 tahun di TK Nurul Muslimin. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan dokumentasi, penelitian ini menggambarkan bagaimana respons anak terhadap pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan menanam sawi di polybag, mengajukan pertanyaan, melakukan pengamatan, bekerja sama dengan teman, serta menunjukkan antusiasme selama proses belajar. Proses pembelajaran juga menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif ketika anak membuat prediksi, memecahkan masalah sederhana, dan mengomunikasikan ide-idenya. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM dapat diterapkan secara efektif di PAUD dan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan sesuai tahap perkembangan anak.


