KEGIATAN MENANAM SAWI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL MUSLIMIN SEBAGAI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DI SATUAN PAUD

Authors

  • KHANSA NADHIRA NAZMI1, AMANDA AULYA2 , ZAHRA ADILLA PASHA3 , CAHAYA FEBRI TERESIA SIHOTANG4 Universitas Negeri Medan Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis STEAM di pendidikan anak usia dini melalui proyek menanam sayur pada anak usia 5–6 tahun di TK Nurul Muslimin. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan dokumentasi, penelitian ini menggambarkan bagaimana respons anak terhadap pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan menanam sawi di polybag, mengajukan pertanyaan, melakukan pengamatan, bekerja sama dengan teman, serta menunjukkan antusiasme selama proses belajar. Proses pembelajaran juga menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif ketika anak membuat prediksi, memecahkan masalah sederhana, dan mengomunikasikan ide-idenya. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM dapat diterapkan secara efektif di PAUD dan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan sesuai tahap perkembangan anak.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

KEGIATAN MENANAM SAWI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL MUSLIMIN SEBAGAI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DI SATUAN PAUD. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/208