Menyelami Jejak Sejarah Pendidikan Agama Kristen (PAK): Analisis Kritis Terhadap Perkembangan, Tantangan, dan Implikasinya

Authors

  • 1. Novita Antasari 2. Kristina Virginia Simatupang 3. Hotma Novia Pane 4. Anisa Herviana Hutagalung Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Pendidikan Agama Kristen (PAK) memiliki sejarah panjang sejak gereja mula-mula, masa

Patristik, Abad Pertengahan, Reformasi, hingga era modern dan digital. Penelitian ini bertujuan

menelusuri jejak sejarah PAK secara kritis, mengidentifikasi dinamika perkembangan dan

tantangan utama pada tiap periode, serta menganalisis implikasinya bagi praksis PAK masa

kini. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan mengkaji karya-karya teologis,

historis, dan pedagogis yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa PAK bergerak dari pola

katekisasi sederhana yang berpusat pada komunitas iman, menuju sistem pendidikan formal

yang sering dipengaruhi kepentingan politik, kolonialisme, dan pola pengajaran indoktrinatif.

Di era kontemporer, PAK menghadapi tantangan sekularisasi, pluralisme agama, relativisme

moral, serta penetrasi teknologi digital. Implikasi kritisnya, PAK dipanggil untuk kembali pada

fondasi biblis dan tradisi gereja yang sehat, sambil merekonstruksi pendekatan pedagogis yang

dialogis, kontekstual, dan transformatif sesuai kebutuhan peserta didik masa kini.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Menyelami Jejak Sejarah Pendidikan Agama Kristen (PAK): Analisis Kritis Terhadap Perkembangan, Tantangan, dan Implikasinya. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/206