Perkembangan Historis Pendidikan Agama Kristen: Dari Tradisi Gereja Perdana hingga Pendidikan Modern

Authors

  • Yuliana Manalu; Maria Hutagalung; Sindi Ruth Sinaga; Alberto Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Artikel ini membahas perkembangan historis Pendidikan Agama Kristen (PAK) mulai dari tradisi gereja perdana hingga pendidikan modern. Pendidikan iman dalam Kekristenan mengalami dinamika yang panjang dan kompleks, dipengaruhi oleh konteks sosial, politik, teologis, dan kultural pada setiap zaman. Melalui metode studi pustaka, artikel ini menelusuri bentuk-bentuk utama pendidikan iman pada gereja perdana (katekumenat dan katekese apostolik), perkembangan pada abad pertengahan (monastisisme, sekolah katedral, dan katekismus), pembaruan pada zaman Reformasi (katekismus Reformatoris, penekanan pada Alkitab, dan pendidikan keluarga), hingga lahirnya model-model pendidikan Kristen modern yang dipengaruhi pedagogi, psikologi, dan teori pendidikan kontemporer. Kajian menunjukkan bahwa meskipun bentuk dan metodenya berubah, esensi PAK sebagai pembinaan iman yang bertujuan membentuk murid Kristus yang dewasa tetap memiliki kontinuitas yang kuat. Tantangan era modern seperti sekularisasi, pluralisme, dan digitalisasi menuntut PAK untuk mengintegrasikan warisan historis gereja dengan pendekatan pedagogis yang kontekstual dan relevan. Artikel ini menyimpulkan bahwa memahami perkembangan historis PAK penting untuk merancang praktik pendidikan Kristen masa kini yang lebih kokoh secara teologis, kreatif secara pedagogis, dan peka terhadap konteks.

Downloads

Published

2025-12-12

How to Cite

Perkembangan Historis Pendidikan Agama Kristen: Dari Tradisi Gereja Perdana hingga Pendidikan Modern. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/205