Eksplorasi Isu Pendidikan Terkait Rendahnya Tingkat Literasi Membaca sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permasalahan rendahnya literasi membaca peserta didik serta strategi guru dalam mengatasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena berupaya memahami fenomena secara mendalam dalam konteks alamiah. Subjek penelitian meruapakansalah satu guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 27 Medan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan pertanyaan 5W+1H untuk mengetahui bentuk rendahnya literasi membaca pasa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya literasi siswa terlihat pada kurangnya minat baca, ketidaklancaran membaca, dan kesulitan memahami teks.
Downloads
Published
2025-10-06
Issue
Section
Articles
How to Cite
Eksplorasi Isu Pendidikan Terkait Rendahnya Tingkat Literasi Membaca sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/179