Eksplorasi Isu Pendidikan Terkait Rendahnya Tingkat Literasi Membaca sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Stevani Br Situmorang1, Jesicha Nainggolan2, Ratna Lolane Sianipar3, Stela Parta Siagian4, Erfanintiya Siringoringo5, Nasya Nabila Said 6, Tri Indah Prasasti7, Nurul Azizah8. Universitas Negeri Medan Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permasalahan rendahnya literasi membaca peserta didik serta strategi guru dalam mengatasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena berupaya memahami fenomena secara mendalam dalam konteks alamiah. Subjek penelitian meruapakansalah satu guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 27 Medan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan pertanyaan 5W+1H untuk mengetahui bentuk rendahnya literasi membaca pasa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya literasi siswa terlihat pada kurangnya minat baca, ketidaklancaran membaca, dan kesulitan memahami teks. 

 

Downloads

Published

2025-10-06

How to Cite

Eksplorasi Isu Pendidikan Terkait Rendahnya Tingkat Literasi Membaca sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/179