Pengembangan Model Hybrid Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 176328 Gonting Pege Tahun 2024/2025

Authors

  • Alia Valentine Simorangkir Hasudungan Simatupang Johari Manik Robert Juni Tua Sitio Dorlan Naibaho Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Hybrid Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Sekolah Dasar Kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pendekatan ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 176328 Gonting Pege. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon. Angket validasi digunakan kepada dosen validator ahli media, ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa. Angket respon digunakan kepada peserta didik kelas V SD Negeri 176328 Gonting Pege berjumlah 3 orang untuk one to one, 8 orang untuk kelompok kecil dan 27 orang untuk kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk hybrid dengan menggunakan powerpoint pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas V SD Semester Genap Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dibuat valid dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Penilaian didasarkan para ahli validasi, dan peserta didik, yakni ahli media memperoleh presentase penilaian 100% (sangat valid), ahli desain 82% (sangat valid), ahli materi 100% (sangat valid), ahli bahasa 100% (sangat valid), peserta didik one to one 100% (sangat valid), kelompok kecil 100% (sangat valid), dan kelompok besar 100% (sangat valid).

 

Downloads

Published

2025-09-24

How to Cite

Pengembangan Model Hybrid Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 176328 Gonting Pege Tahun 2024/2025. (2025). Jurnal HUKUM Motivasi Pendidikan Masyarakat Dan Bahasa Harapan , 3(05). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/173