Strategi Guru Geografi Dalam Menerapkan Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kelas yang diterapkan oleh guru Geografi dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Medan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan Gaya Pengajaran Otoritatif (Authoritative Teaching Style), yang menggabungkan ketegasan dan kehangatan melalui strategi preventif, intervensi, dan korektif. Strategi ini terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan partisipasi siswa, dan mengurangi gangguan kelas. Penyesuaian strategi berdasarkan karakteristik siswa serta keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan turut berkontribusi terhadap peningkatan minat belajar. Namun, tantangan seperti siswa yang sulit diatur dan keterbatasan waktu pembelajaran masih perlu diatasi.