ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA AMIR HAMZAH
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi manajemen pendidikan yang diterapkan di SMA Amir Hamzah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan kepala sekolah, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Amir Hamzah telah menerapkan berbagai strategi, termasuk perencanaan strategis, manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen siswa, dan manajemen fasilitas dan infrastruktur. Namun, implementasi strategi tersebut masih menghadapi beberapa kendala, antara lain ketidaksesuaian strategi yayasan dengan konteks sekolah, kurangnya monitoring dan evaluasi berkelanjutan, keterbatasan sumber daya, dan komunikasi yang kurang efektif. Di sisi lain, faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi strategi meliputi komitmen civitas akademika, kerjasama yang erat antara guru, siswa, dan orang tua, serta program pengembangan kompetensi guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Amir Hamzah membutuhkan sinergi antara strategi yang tepat, dukungan sumber daya yang memadai, dan komitmen seluruh pemangku kepentingan.