Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah elemen yang sangat signifikan dalam sistem pendidikan nasional Indonesia, yang berfungsi strategis untuk membentuk karakter individu yang aktif, bertanggung jawab, serta menghormati nilai-nilai kebangsaan dan hak asasi manusia. Artikel ini bertujuan untuk meneliti perkembangan kurikulum PKn dari awal kemerdekaan hingga pelaksanaan Kurikulum Merdeka 2020. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini mengevaluasi perubahan kurikulum PKn dalam konteks sosial-politik yang selalu berubah, serta tantangan dalam pelaksanaannya, seperti metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dan keterbatasan kemampuan guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun PKn telah melewati berbagai perubahan positif dalam materi dan pendekatan, masih dibutuhkan inovasi dalam teknik pengajaran serta peningkatan kapasitas pengajar untuk menciptakan pendidikan kewarganegaraan yang sesuai dengan konteks, inklusif, dan relevan dengan tantangan zaman.