PRAKTEK PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI PROTA DAN PROSEM PADA SEKOLAH SMKS GALANG INSAN MANDIRI BINJAI

Authors

  • Elya Siska Anggraini1Dinda Arini2 , Eklesia Br.Milala3 Universitas Negeri Medan Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi praktik penyusunan dan implementasi Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem) di SMKS Galang Insan Mandiri Binjai. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dan wawancara mendalam dengan lima guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prota dan Prosem memiliki peran penting dalam mengatur proses pembelajaran secara sistematis dan terarah. Guru menyusun program tersebut berdasarkan kalender pendidikan, struktur kurikulum, serta capaian pembelajaran, dengan mengedepankan fleksibilitas dalam menghadapi tantangan seperti perubahan jadwal atau kondisi darurat. Meskipun terdapat berbagai hambatan, seperti beban administrasi dan minimnya pelatihan, kolaborasi antara guru dan dukungan manajemen sekolah menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Prota dan Prosem tidak hanya sebagai dokumen administratif, tetapi juga sebagai alat strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang adaptif dan berkelanjutan.

 

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

PRAKTEK PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI PROTA DAN PROSEM PADA SEKOLAH SMKS GALANG INSAN MANDIRI BINJAI. (2025). JURNAL Pendidikan MOTIVASI Dan Bahasa Harapan , 3(04). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/137