PERAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MENGIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA SISWA SMP NEGERI 12 MEDAN

Authors

  • Elya Siska Anggraini1, Nadila Wulandari2, Rohani Panjaitan3 Universitas Negeri Medan Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru dalam mendeteksi masalah belajar dan pelaksanaan pembelajaran remedial di SMP Negeri 12 Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode wawancara terhadap salah satu pengajar di sekolah tersebut. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru aktif dalam mengidentifikasi tanda-tanda kesulitan belajar melalui pengamatan dan interaksi langsung dengan siswa. Beberapa kesulitan belajar yang sering dijumpai termasuk masalah konsentrasi, rendahnya minat membaca, dan dampak dari lingkungan keluarga. Guru melaksanakan pembelajaran remedial dengan cara yang adaptif dan bersifat manusiawi, seperti melakukan pengulangan materi, memberikan tugas proyek, serta menggunakan pendekatan psikologi. Meskipun ada hambatan seperti waktu yang terbatas dan kurangnya dukungan dari orang tua, pembelajaran remedial telah terbukti meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya keterlibatan guru yang aktif dalam mengatasi masalah belajar dan perlunya strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

PERAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MENGIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA SISWA SMP NEGERI 12 MEDAN. (2025). JURNAL Pendidikan MOTIVASI Dan Bahasa Harapan , 3(04). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/136