Tantangan Guru SMP Mata Pelajaran PKN dalam Menerapkan Supervisi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Medan)

Authors

  • Elya Siska Anggraini S.Sn.,M.A1 , Suratya Marsoit 2, Hotmauli.M.Marpaung 3, Yona Revalina Ginting4 Universitas Negeri Medan Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran PKN dalam menerapkan supervisi pendidikan berbasis Teknologi Informasi (TI). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Medan, pada 08 mei 2025. Supervisi pendidikan merupakan bagian penting dari manajemen pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembinaan dan pemantauan kinerja guru. Penerapan supervisi berbasis TI diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, guru menghadapi berbagai hambatan, seperti kurangnya pemahaman dan penguasaan terhadap TI serta rendahnya karakter siswa, yang menyebabkan supervisi belum berjalan optimal. Selain itu, kehadiran teknologi seringkali justru memperparah kendala disiplin dan tanggung jawab siswa. 

 

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, melalui wawancara langsung dengan guru PKN yang telah berpengalaman mengajar lebih dari 20 tahun. Meskipun pihak sekolah telah memberikan dukungan berupa pelatihan dan fasilitas teknologi, tantangan dalam adaptasi masih signifikan. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi digital guru dan pembinaan karakter siswa merupakan langkah strategis yang perlu dioptimalkan dalam menyukseskan pelaksanaan supervisi berbasis TI

.

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Tantangan Guru SMP Mata Pelajaran PKN dalam Menerapkan Supervisi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Medan). (2025). JURNAL Pendidikan MOTIVASI Dan Bahasa Harapan , 3(04). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/133