PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA BERBENTUK PARTISIPASIF DI SATUAN PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI SMK SWASTA GALANG INSAN MANDIRI
Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan elemen esensial dalam mendukung pembelajaran yang efektif, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengutamakan keterampilan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis model pengelolaan sarana dan prasarana berbasis partisipasi di SMK Swasta Galang Insan Mandiri. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengelolaan dilakukan secara kolaboratif antara yayasan, manajemen sekolah, pengajar, dan siswa. Keberadaan Teaching Factory (TEFA), laboratorium vokasional, dan ruang podcast menjadi indikator kesiapan sarana yang mendukung pembelajaran kontekstual. Namun, masih ada tantangan mengenai kesadaran siswa dalam memelihara fasilitas. Penelitian ini merekomendasikan model pengelolaan yang berbasis pembangunan karakter dan evaluasi reflektif sebagai cara berkelanjutan untuk mengelola sarana dan prasarana pendidikan.