Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi terhadap Peningkatan Layanan Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung Tahun 2024” Skripsi: Jurusan Manajemen Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Keywords:
teknologi informasi, layanan akademik, kualitas pendidikan tinggi, sistem informasi akademik, kepuasan mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap peningkatan layanan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung. Perkembangan teknologi informasi yang pesat mengharuskan institusi pendidikan tinggi untuk beradaptasi dalam pengelolaan layanan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif inferensial dengan pendekatan survei. Sampel penelitian sebanyak 80 mahasiswa yang dipilih secara stratified random sampling dari populasi berjumlah 322 mahasiswa aktif semester V tahun akademik 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan 20 item pernyataan untuk variabel X (teknologi informasi) dan 25 item pernyataan untuk variabel Y (layanan akademik) yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap layanan akademik dengan nilai signifikansi p-value = 0,004 (< 0,05) dan koefisien determinasi (R²) = 0,561. Hal ini menunjukkan bahwa 56,1% variasi layanan akademik dipengaruhi oleh penggunaan teknologi informasi, sedangkan 43,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi berperan penting dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas layanan akademik di Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Tarutung.