ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP SIMBOL PETA
Keywords:
Simbol peta, pemahaman, pendidikan geografi, mahasiswa, kartografiAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan terhadap simbol peta dasar. Pemahaman simbol peta merupakan keterampilan fundamental dalam pendidikan geografi yang mempengaruhi kemampuan interpretasi dan analisis spasial. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 50 mahasiswa yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan tes pemahaman simbol peta dasar yang dilaksanakan pada Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95% mahasiswa memiliki pemahaman yang sangat baik dengan nilai rata-rata 90-100, sementara 5% mahasiswa memperoleh nilai rendah karena faktor ketidakseriusan dalam mengerjakan tes. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman simbol peta meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman praktikum, kualitas materi ajar, dan metode pengajaran. Terdapat korelasi positif antara pengalaman praktikum dengan tingkat pemahaman simbol peta. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan metode pembelajaran interaktif dan penambahan intensitas praktikum untuk memaksimalkan pemahaman mahasiswa terhadap simbol peta dasar
.