ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP SIMBOL PETA

Authors

  • Sahala Fransiscus Marbun1, Rouli Anastasia Sihombing2, Dina Mendrofa3, Rosa Anjelina Manik4, Ludista Masindi5, Yosella Manullang6. Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Simbol peta, pemahaman, pendidikan geografi, mahasiswa, kartografi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan terhadap simbol peta dasar. Pemahaman simbol peta merupakan keterampilan fundamental dalam pendidikan geografi yang mempengaruhi kemampuan interpretasi dan analisis spasial. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 50 mahasiswa yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan tes pemahaman simbol peta dasar yang dilaksanakan pada Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95% mahasiswa memiliki pemahaman yang sangat baik dengan nilai rata-rata 90-100, sementara 5% mahasiswa memperoleh nilai rendah karena faktor ketidakseriusan dalam mengerjakan tes. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman simbol peta meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman praktikum, kualitas materi ajar, dan metode pengajaran. Terdapat korelasi positif antara pengalaman praktikum dengan tingkat pemahaman simbol peta. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan metode pembelajaran interaktif dan penambahan intensitas praktikum untuk memaksimalkan pemahaman mahasiswa terhadap simbol peta dasar

.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP SIMBOL PETA. (2025). JURNAL Pendidikan MOTIVASI Dan Bahasa Harapan , 3(04). https://ourhope.biz.id/ojs/index.php/JP/article/view/114